Arsip Kamal


tidak bisa masuk Desktop gnome setelah update

Posted in Linux oleh kamal pada 6 September 2010

Asal masalah:
setelah update && upgrade ubuntu-10.10 maverick alpha3 kemudian reboot, ternyata aku ga bisa masuk ke Desktop gnome (berhenti di check battery kalo ga salah) di tunggu beberapa jam tetep ga bisa masuk Desktop gnome, hanya bisa masuk ke mode consol.

Solusinya:
Setelah googling menemukan ini yang intinya.
1. masuk mode consol dengan “Ctrl+Alt+f3”.
2. Install ulang powermgmt-base dengan perintah:

$ sudo apt-get remove powermgmt-base
$ sudo apt-get install powermgmt-base

3. mengganti “saved_state” menjadi “saved_state.old” dengan perintah:
$ mv ~/.gconfd/saved_state saved_state.old
NOTE: karakter “~” menunjukan “/home/user” bukan “/home/root”

4. restart compi dengan perintah: $ sudo reboot

5 Tanggapan to 'tidak bisa masuk Desktop gnome setelah update'

Subscribe to comments with RSS atau TrackBack to 'tidak bisa masuk Desktop gnome setelah update'.


  1. point no. 3 macet bos…gmn tuh???

    • kamal said,

      macetnya gimana bro.? mungkin salah ketik coba kamu cek ada ga file saved_state nya.
      ls ~/.gconfd/saved_state
      kalo menurut aku poin no.3 itu sebenernya cuman untuk backup, kalo file itu ga ada aku kira itu ga masalah.

      Note: ga bisa masuk mode gui itu ada bebereapa sebab, contoh: salah starup, bukan ke “gdm” dan di postingan ini masalhnya seperti di link yang aku kasih di atas.

  2. cr0x said,

    Bro Ane setelah Upgrade malah ngk bisa masuk desktop, pas mau masuk tampilan input user n password di situ kursor mousex ngk jalan lagi,.. kira2 penyebapx apa yach,. n solusinx.????

    • kamal said,

      kalo penyebabnya apa ane ga tau pasti bro… untuk mengisi user n pass coba klik tab untuk pindah-pindah kolomnya.
      kalo nt mo lebih jelas lagi nt masuk aja ke http://www.ubuntu-indonesia.com disitu banyak yang mau membantu dengan senang hati.
      terimakasih

      • spt said,

        ini kasus sama kayak ane
        ane pake macbuntu , input login macet tuh kursoršŸ˜¦
        kalo pake mouse bisa sii jalan , cuman ga ada pilihan inputan apa2 , duh
        gmna yah ?


Tinggalkan Balasan

